Kursus: Gum Paste I

Alhamdulillah, 2 hari ini berkesempatan main lagi ke Matraman. Kali ini buat kursus Gum Paste, itu lho belajar bikin bunga-bunga untuk hiasan kue yang kali ini sayangnya gak edible walaupun bikinnya dari gula.

Materi kelas 1 ini bikin 2 buket bunga.... yang nama bunganya saja asli gak terlalu hafal. Secara ya, namanya bunga asing semua... ada lily of the valley, god of the prayer, kanalily, baby rose,  daisy.. de el el. Kalo disuruh nunjukin yg mana.. nyerah deh ya.. ntar kalo aku dah beli cetakan gum paste-nya Wilton yg ada buku petunjuknya.. baru deh aku kasih tahu lagi. jiakaka.. kursus kok gak merhatiin sih!

Hari pertama ada mBu Anti (Gemi Miranti) yang bantuin Mba Fat nerangin ke kita-kita ber-6. Hari kedua ada Mba Peni Respati yang akhirnya gantiin mba Fat di sesi siang karena mba fat harus ke Rumah Sakit nengok ibu mertua yg sedang dirawat yang siang itu dikabarkan kritis.Tapi kelas terus jalan dengan bimbingan mba Peni... cieehhh bimbingan... secara muridnya ngeyel-ngeyel gitu.

Nah.. hasilnya lumayanlah buat pemula yg tangannya jarang pegang yg halus-halus... qqq .. kursus ini pun harus pegang tang dan kawat (tukang kue apa tukang bangunan sih). Lihat ya parade karyaku yg boncel sana sini akibat belum kering dan wujud bunga yg bentuknya ajaib.. dicari dimana juga gak ada bunga kayak gitu jiakaka.. husss.. lihat aja deh. Komen yg 'membangun' boleh kok.. huahaha...




Buket ketiga itu.. sisa bunga yang ada.. sebenernya gak harus dibuat buket, tapi ya aku satuin aja. Kalo yang ini.. step yang sempat aku foto.. selebihnya gak.. soalnya udah asyik bikin bunganya.. itupun dah paling akhir selesainya.

Ini resep dasarnya.. simak deh..
Resep Dasar Gumpaste kursus NCC

Bahan A:
650 gr air
100 gr gelatine e 200 (gelatin ternyata macam2, dibawah e 200 masih boleh)
1 kg gula pasir
25 gr potassium sorbat/benzoate
1 sdt vanili

Bahan B:
500 gr tepung maizena
10 gr santax
Jadi perbandingan maizena dan santax adalah 100:2

Cara membuat:
- Bahan A: didihkan air, kecilkan api masukkan gelatine, aduk rata dengan ballon whisk sampai gelatine larut betul
- didihkan kembali, masukkan gula dan vanili, aduk rata sampai gula larut dan mendidih kembali. masukkan potassium sorbat, aduk rata. angkat.
- langsung kocok selagi panas (pakai hook telur), sampai putih dan mengembang. simpan dalam wadah. gumpaste awet hingga 3 bulan
-setelah didiamkan minimal 6 jam, campur dan uleni adonan gumpaste dengan bahan B. dengan perbandingan 1:3 antara bahan A san B. uleni hingga bisa dibentuk.

Catatan:
uleni dengan adonan B hanya jika ingin dipergunakan, karena adonan yg telah dicampur bahan B akan cepat mengering. 
Jangan bekerja di dalam ruangan ber-AC, sebaiknya bekerja diruangan biasa, agar gumpaste cepat kering. 
Akan lebih baik setelah dibentuk.. dijemur dibawah sinar matahari agar kering sempurna.
Setelah kering bisa di warnai dengan air brush menggunakan pewarna makanan (lebih cepat pudar) atau pewarna tekstil jika ingin warna tahan lama.
Bentukan gumpaste ini tidak disarankan untuk dikonsumsi karena ada beberapa bahan kimia yg digunakan.


Yang ini gambar cara bikin adonan gum paste-nya


Nah yang ini cara bikin salah satu bunganya... ada juga tuh cetakan yang dipake


Lumayan deh kursusnya.. pegel tapi seneng kok. Yuk.. belajarrr.



1 comment:

Hans Christopher said...

thanks kak infonya
aku juga lagi nyari cara bikin gumpaste buat tugas keterampilan sekolah.
tapi santax itu apaanya kak?