Simple Chiz Cake



Cheese cake ini tadinya dibuat untuk guru-gurunya Zahrul. Tapi karena satu dan lain hal.. aku batal memberikan cheese cake ini ke sekolah. Akhirnya setelah ambil rapot, meluncurlah si cheese cake ini ke seksi PDI melalui fidya.

Berhubung tukang kuenya gak suka keju.. asli bener aku gak tahu apa rasanya tuh cheese cake. Kata Fidya sih... 'enak mbak! pas manisnya'. Syukurlah...

Aku pakai resep ini:



Simple Chiz Cake
Sumber Aljo's Mom, modified by miZu

Bahan 1:
130 ml susu cair
40 gr butter unsalted
125 gr keju cheddar, parut atau potong kecil

Bahan 2:
20 gr tepung terigu
15 gr maizena
3 buah kuning telur
1 sdt air jeruk lemon (pakai parutan kulit jeruknya sedikit biar wangi)

Bahan 3:
3 buah putih telur
80 gr gula pasir
1/4 sdt cream of tar-tar

Bahan 4:
1 sdm selai aprikot, blueberry atau strawberry, sesuai selera
1 sdm air matang
buah-buahan, strawbery, kiwi, peach, orange, sesuai selera
loyang oval 20x7 cm atau loyang bulat 18 cm

Cara membuat:
  1. siapkan loyang, oles mentega, alasi kertas roti, oles mentega lagi. Lapisi bagian luar loyang dengan alumunium foil, supaya kedap air. siapkan loyang tanpa sambungan untuk tempat rendaman, isi dengan air hingga 1/4-nya.
  2. campur mentega, susu cair, dan keju cheddar (bahan 1) dalam panci kecil, panaskan di atas api kecil sambil diaduk-aduk hingga semua meleleh, menyatu dan halus.
  3. dalam keadaan krim masih hangat, ayak terigu dan maizena (bahan 2) ke dalamnya. aduk hingga rata. masukkan kuning telur, masukkan air jeruk (kulit jeruk). Pastikan semua bahan menyatu. sisihkan.
  4. masukkan loyang berisi air ke dalam oven, nyalakan oven dengan suhu 160C.
  5. kocok putih telur, gula pasir dan cream of tar-tar (bahan 3) hingga soft peak saja. masukkan kocokan ini ke adonan. aduk hingga rata benar. tuang adonan ke dalam loyang.
  6. panggang selama 50 menit dengan au bain marie.
penyelesaian :
hangatkan selai aprikot dengan air matang di atas kompor (asal hangat dan bisa diaduk). olesi permukaan kue dengan selai, hias dengan buah-buahan sesuai selera.


No comments: