Mini Fruit Pie for Risa



Pesanan Risa dari awal Juli yang gak terkerjakan gara-gara tukang kuenya dilanda baking blue.. beruntung Risa juga cuti, jadi pesanannya molorrr.

Entah ada angin apa kok malam kamis itu tiba-tiba saja aku turun ke dapur setelah maghrib dan langsung membuat kulit pie. Sebentar saja jadi, sambil memanggang aku bikin vlanya. Vla kali ini bener-bener kacau, maksud hati memberdayakan custard powder yang masih banyak untuk menggantikan kuning telur... cuma takarannya ternyata kurang dan gulanya kebanyakan .. alhasil vlanya kurang kental menurutku dan rasanya makkk... muaniss poll (menurutku juga).

Dasar masih rada baking blue, tuh vla aku diemin aja gak dimake up lagi. Langsung masukin tempat dan masuk kulkas. Begitu pula dengan kulitnya, langsung masuk kedap udara dan simpan.

Jam 4 terbangun, sholat malam sebentar, trus lanjut dandanin si pie. Vlanya dikeluarin dan sama sekali males mo permak si vla. Apa adanya saja di tuang ke mangkuk pie yang udah dioles coklat putih. Terus tata deh buah-buahan yang ada di kulkas.

Sori ya Ris, beneran tukang kuenya gak niat sama sekali sampai buahnya juga gak siap. Kurang jeruk mandarin! Makanya komposisi warna jelek banget gak ada kuningnya. Aku juga sengaja gak bilang Risa dulu takut gak jadi lagi kayak lapis legit waktu itu.

Sudah di kantor baru deh woro-woro Risa... pienya jadi juga. Risa ambil sepuluh, tujuh buat di ruangan dan tiga mo dibawa pulang. Tapi ternyata si pie yang udah disisihkan untuk dibawa pulang itu, ketinggalan di kantor sodara-sodara. Aku tahu juga dari statusnya Risa di FB. Kesian bener deh.

Btw, thanks ya Ris atas tantangannya. Maaf kalo gak sesuai selera, tukang kuenya bener-bener masih baking blue :(

eh iya, ini resepnya:

Fruit Pie
Sumber NCC

Bahan kulit Pie:
250 gr tepung terigu serba guna ---> aku pakai segitiga
1/2 sdt garam
125 gr mentega ----> aku pakai orchid unsalted yang baru keluar kulkas
5 sdm air es

Bahan Vla : (ini udah enak banget, aku aja yg sok ganti-ganti)
500 cc susu
100 gr gula kastor (gula pasir halus)
5 btr kuning telur --> aku pakai custard powder tapi belum pas takarannya
30 gr tepung maizena ----> maizena di-skip padahal harusnya tetep pake
1 sdm mentega
1 sdt vanilli extract

Bahan Topping :

  • Aneka buah, spt strawberi segar iris tipis, kiwi, anggur hijau, anggur merah, jeruk mandarin kaleng, atau buah lain spt semangka, melon yg dibentuk bulat, dan lain-lain.

Bahan Siraman:
1 sdt agar-agar putih
100 cc air
1 sdt gula
(didihkan ketiga bahan ini, sisihkan)

Cara membuat :

  • Uleni bahan kulit hingga menjadi adonan liat, gilas tipis, cetak pada cetakan pie kecil, tusuk-tusuk bagian bawahnya dengan garpu agar pie tidak menggelembung, oven hingga matang. Lebih kurang 20 menit.


Vla :

  • Cairkan tepung maizena dengan sebagian susu, campur kuning telur, aduk rata, sisihkan.
  • Rebus susu dan gula hingga mendidih, masukkan campuran maizena dan kuning telur, aduk cepat, biarkan mendidih sekali lagi. Angkat. Sisihkan.

Penyelesaian:

  • Isi mangkuk pie dengan vla, hias dengan potongan buah, siram 1 sdt agar-agar bening.
  • Jangan lupa mangkuk pienya dioles dulu dengan coklat supaya vlanya gak rembes membasahi kulit pienya. Boleh pakai coklat putih atau dark, sesuai selera saja. Saya menggunakan coklat putih supaya sama warna dengan vlanya.

No comments: